Hati Hati! Pestisida pada Buah dan Sayuran bisa Ganggu Sistem Hormon Manusia

Buah dan sayuran yang awalnya memiliki nutrisi tinggi bisa saja menjadi berbahaya bagi tubuh. Ini lantaran masih ada sisa pestisida yang digunakan penanamnya untuk mencegah datangnya penyakit atau hama yang mengganggu tanaman. Racun tersebut menempel dan terbawa sampai ke tangan konsumen. Sangat dimungkinkan pestisida akan ikut masuk tubuh saat dimakan.

Pestisida pada Buah dan Sayuran Ganggu Sistem Hormon
Pestisida pada Buah dan Sayuran Ganggu Sistem Hormon foto:pixabay



Dalam jangka panjang, pestisida akan menganggu sistem hormon. Selain itu, menyebabkan pula keracunan di sistem saraf. Anak-anak juga bisa kena dampaknya dengan mundurnya kemampuan IQ mereka.

Environtmental Working Group (EWG) di AS, mengatakan, sekitar 98 persen buah apel yang diujinya mengandung pestisida. Pada tes terhadap sayur seledri, 95 persen sampel yang diteliti mengandung zat yang sama. Pestisida, “dirancang untuk membunuh sesuatu dan kebanyakan tidak baik bagi kesehatan Anda,” kata Sonya Launder, seorang peneliti.

Untuk mengurangi dan menghilangkan efek pestida, selalu cuci bersih setiap buah dan sayuran yang Anda beli. Membeli buah dan sayuran hasil sistem pertanian organik lebih disarankan karena minimnya penggunaan bahan kimia.