Jangan Diremehkan, Seperti ini Cara Sehat Konsumsi Mie Instan


Mie Instan selalu jadi penolong ketika lapar mendadak tiba tetapi di dapur tidak ada lagi makanan yang bisa dimakan, solusinya ya masak mie instan karena mudah dibuat.

Cara Sehat Konsumsi Mie Instant foto: pixabay.com
Cara Sehat Konsumsi Mie Instant foto: pixabay.com

Mie Instan sendiri sebenarnya sangat mudah untuk dimasak tetap tahukah kamu jika sebenarnya ada cara cara yang lebih sehat untuk memasak atau konsumsi mie instan, sebab selama ini mie instan dianggap tidak baik bagi kesehatan jadi tata cara menolah mie instan yang baik akan sangat mengurai resiko kesehatan yang akan timbul.

Salah seorang peneliti dari CER menyatakan bahwa mie instant mengandung garam natrium yang tinggi, dan rendahnya kadar serat secara signifikan. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa rata-rata seseorang telah mengonsumsi mie instant dalam dua minggu lebih dari satu kali. Oleh sebab itu, CER memberi panduan mengonsumsi mie instant agar lebih sehat, karena menghindari mengonsumsi mie instant sangatlah sulit. Berikut adalah panduan dari CER:

  •  Usahakan minimal membatasi diri mengonsumsi mie instant seminggu sekali atau kalau bisa 10 hari sekali.
  • Sebelum dimasak dan dikonsumsi, selalu perhatikan tanggal kadaluarsa.
  • Untuk meningkatkan nilai gizi dari mie instant, tambahkan bahan alami yang lainnya yang mengandung banyak nilai gizi, misalnya sayuran, daging, telur, dan sebagainya.
  • Jangan mengonsumsi mie instant bersama nasi, karena nasi yang mengandung karbohidrat akan menyatu dengan karbohidrat yang terkandung dalam mie instant sehingga akan semakin menambah asupan kalori dan kadar gula dalam darah.
  • Sebaiknya bumbunya hanya dipakai separuh saja, karena di dalam bumbu mie instant banyak mengandung MSG. Supaya mie instant tidak kehilangan kelezatannya, kamu bisa menambahkan bumbu yang lainnya, misalnya dengan menambahkan bawang merah, bawang putih, atau merica bubuk.
  • Bagi wanita hamil sebaiknya jangan mengonsumsi mie instant dan jangan pula diberikan pada balita. Karena wanita hamil dan balita tidak boleh mengonsumsi MSG dan penambah rasa INS 621.  
Nah Semoga tatacara konsumsi mie instan di atas dapat membatu kamu yang suka makan mie instan tapi tetap sehat ya.