Jangan Dengarkan Musik Terlalu Keras, Berbahaya Untuk Kesehatan Kamu


Mendengarkan musik merupakan hal yang sangat nyaman untuk dilakukan tapi jika didengarkan terlalu keras ternyata berbahaya lho untuk kesehatan kamu.
Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras bagi Kesehatan foto: pixabay.com
Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras bagi Kesehatan foto: pixabay.com


Pasinya kamu bertanaya kan kenapa sih mendengarkan musik terlalu keras bisa berbahaya untuk kesehatan dan sebenarnya dampak buruk apa yang bisa ditimbulkan akibat terlalu keras mendengar musik.

Berikut kita ulas satu persatu dampak buruk mendengar musik terlalu keras.

  • Saraf mengalami masalah

Mendengarkan musik yang terlalu keras bisa mengakibatkan masalah saraf. Terutama saraf telinga. Jika saraf telinga mengalami kerusakan, selanjutnya bisa sampai ke saraf otak. Tentunya kamu tidak ingin kalau hal ini terjadi. Karena kalau ini terjadi bisa fatal akibatnya, dampaknya akan menjalar ke seluruh tubuh.

  • Daya konsentrasi turun

Saat kamu mendengarkan musik terlalu keras, maka kamu akan sulit untuk berkonsentrasi dan sulit dalam memahami sesuatu. Hal tersebut juga dapat mengganggu indera pendengaran kamu.
  • Mengakibatkan infeksi telinga

Efek lainnya dari mendengarkan musik terlalu keras adalah infeksi di telinga. Jangan menggunakan headset atau earphone kamu bergantian dengan orang lain. Karena bila orang tersebut menderita infeksi telinga, maka alat tersebut bisa memindahkan bakteri penyebab infeksi telinga pada kamu.

  • Gangguan pendengaran

Indra pendengaran merupakan salah satu dari panca indra yang sangat penting bagi tubuh kita. Karena itu, jangan sampai alat pendengaran kamu mengalami gangguan. Hal ini bisa disebabkan karena mendengarkan musik dengan volume yamg terlalu keras. Jangan mendengarkan musik dengan volume lebih dari 90 desibel, karena dengan volume tersebut bisa mengganggu gendang telinga kamu. Dan jika hal ini dibiarkan berlangsung terus menerus akan mengakibatkan kemampuan daya dengar kamu makin menurun. Jadi, jangan gunakan headset atau earphone dengan volume keras, apalagi sampai berlama-lama.     


Nah sekarang kamu sudah tahukan dampak buruk yang bisa ditimbulkan akibat mendengar musik terlalu keras, jika sudah tahu akibatnya sebaiknya mulai dari sekarang jangan terlalu mendengarkan musik terlalu keras ya!