Ukuran Kabel Listrik di Rumah Untuk daya 900 Watt PLN



Jika salah memasang kabel listrik di rumah beresiko untuk terjadinya kebakaran akibat arus pendek, sehingga memilih kabel listrik untuk rumah tangga daya 900 watt pln sangat penting untuk diketahui.

daya 900 Watt PLN bannya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga walaupun terlihat kecil dayanya namun ukuran daya ini dianggap lebih hemat dibanding dengan ukuran daya yang lebih besar.

kabel Listrik di Rumah Untuk daya 900 Watt PLN
kabel Listrik di Rumah Untuk daya 900 Watt PLN


Jika kamu sedang membangun rumah sederhana dan berencana memasang listrik 900 wat di rumah maka kamu harus memperhatikan kabel instalasi listrik yang ada di rumah, jangan sembarang memilih kabel jika salah akibatnya akan merugikan.

Apa itu INSTALASI LISTRIK RUMAH

instalasi listrik rumah tinggal adalah suatu sistem/rangkaian yang digunakan untuk menyalurkan daya listrik ke lampu atau alat -alat listrik yang lain sebagai penunjang keyamanan penghuninya. Instalasi listrik pada dasarnya dibagi menjadi dua yaitu instalasi pencahayaan listrik dan instalasi daya listrik


UKURAN IDEAL KABEL LISTRIK UNTUK DAYA 900 WATT


Untuk rumah kecil dengan daya terpasang 900 watt, idealnya ukuran kabel 1,5 milimeter. Jika daya terpasang 900 watt dan voltase PLN 220 Volt, arus pada kabel listrik adalah 4 ampere. Menilik tabel penampang kabel, kabel dengan penampang 1,5 milimeter sudah cukup untuk dipakai di rumah tersebut.


CARA MEMILIH JENIS KABEL LISTRIK DI RUMAH JIKA LEBIH DARI ATAU KECIL 900 WATT


Menentukan Kabel Instalasi Listrik Berdasarkan kapasitas VA

  • Kapasitas 450 VA

Ketika rumah anda memiliki kapasitas kWh meternya 450 VA yang setara dengan 2 Ampere, maka kabel dengan ukuran 1.5mm2 sudah sangat cukup karena kapasitas kabel tersebut berkapasitas 17 Ampere. 

  • Kapasitas 900 VA 

Sama halnya dengan kWh kapasitas 450 VA menggunakan ukuran kabel 1.5mm sudah sangat cukup menurut saya.

  • Kapasitas 1300 VA

Untuk kabel 1.5mm2 masih cukup untuk kWh meter kapasitar 1300 VA yang setara dengan 6A, tetapi bisa dinaikin ke 2.5mm2 agar kabel semakin awet. 

  • Kapasitas 2200 VA 

Ini saya sarankan menggunakan kabel 2.5mm2 meskipun 1.5mm2 sudah mencukupi arus dalam kapasitas 2200 VA, tetap saya anjurkan menggunakan 2.5mm2 agar kabel tidak terlalu panas. 


Nah itu siedikit ulasan memilih Ukuran Kabel Listrik di Rumah Untuk daya 900 Watt PLN semoga membatu.




Belum ada Komentar untuk "Ukuran Kabel Listrik di Rumah Untuk daya 900 Watt PLN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel