Apa yang dimaksud dengan Kewajiban dan Jenis Jenisnya



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kewajiban adalah sesuatu yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan.

gambar ilustrasi pengertian kewajiban



Suatu hal yang wajib berati harus dikerjakan ketika tidak dikerjakan kita akan dianggap melanggar dan akan mendapatkan sangsi.

Kewajiban bisa akan sejalan dengan apa yang akan kita dapatkan contohnya ketika kita bekerja di sebuah perusahaan maka kita akan diwajibkan melakukan hal hal yang diperintahkan oleh perusahaan akibat dari kewajiban yang kita jalankan maka kita akan mendapatkan upah setiap bulannya.

Dala dunia pendidikan bisa kewajiban ini masuk dalam pelajaran PPKN, karena sebagai wara negara kita selain akan mendapatakn hak kita juga harus melaksanakan kewajiban seperti contohnya adalah membayar pajak, dari kwajiban itu maka kita akan mendatkan hak atas jalan yang bagus dan insfrastruktur yang nyaman.

Kewajiban sendiri ternyata meiliki jenis jenisnya antara lain sebagai berikut.

Jenis-Jenis Kewajiban

Pada dasarnya kewajiban dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Menurut George Nathaniel Curzon, adapun jenis-jenis kewajiban adalah sebagai berikut:



1. Kewajiban Mutlak

Kewajiban mutlak adalah kewajiban seseorang terhadap dirinya sendiri dan tidak berhubungan dengan hak dan tidak mutlak melibatkan hak di lain pihak.



2. Kewajiban Publik

Kewajiban publik adalah kewajiban yang berhubungan dengan hak-hak publik. Misalnya; kewajiban untuk patuh terhadap peraturan dan hukum pidana.



3. Kewajiban Positif dan Negatif

Ini adalah kewajiban yang mengharuskan seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Kewajiban positif menghendaki dilakukannya sesuatu, sedangkan kewajiban negatif menghendaki tidak dilakukannya sesuatu.



4. Kewajiban Umum dan Khusus

Kewajiban umum (universal) adalah kewajiban yang ditujukan kepada seluruh warga negara secara umum. Sedangkan kewajiban khusus ditujukan kepada golongan tertentu, bidang hukum tertentu, atau perjanjian.



5. Kewajiban Primer

Kewajiban primer dapat timbul dari tindakan yang tidak melawan hukum, misalnya kewajiban untuk tidak mencemarkan nama baik dan kewajiban yang sifatnya memberikan sanksi. Kewajiban primer dapat timbul akibat perbuatan melawan hukum, misalnya kewajiban membayar kerugian dalam hukum perdata.

Semoga apa yang dimaksud kewajiban dan jenis jenisnya ini dapat membatu kamu memahami apa sebenarnya kewajiban itu.

Belum ada Komentar untuk "Apa yang dimaksud dengan Kewajiban dan Jenis Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel