7 Macam Tanaman Obat Tradisional

Di Indonesia banyak sekali jenis tanaman obat tradisonal yang sudah digunakan nenek moyang kita untuk mengobati berbagai macam penyakit.

macam tanaman tradisional
Temulawak sebagai obat tradisional foto:pixabay


Bagi anda yang mungkin tertarik untuk lebih memahami jenis-jenis tanaman herbal tersebut, berikut ini adalah berbagai macam tanaman obat tradisional beserta manfaatnya:

Daun Seledri (Apium graveolens)


Beberapa dari anda mungkin mengetahui daun seledri hanya bisa digunakan untuk campuran masakan saja, namun nyatanya daun ini memiliki khasiat yang cukup ampuh sebagai obat asam urat.

Daun yang kaya akan kandungan fosfor dan kalsium ini dapat diolah dengan cara direbus dan air rebusannya diminum hangat-hangat di pagi hari.



Pasak Bumi (Eurycoma Longifolia Jack)


Tanaman obat yang paling sering muncul di daftar kandungan obat kuat ini memang memiliki khasiat yang sangat ampuh untuk menjaga vitalitas kaum adam. Kandungan zat yang terdapat di dalam pasak bumi dipercaya sanggup membantu meningkatkan kadar hormon testosteron.



Temulawak (Curcumamaxanthorrhiza)


Temulawak memiliki manfaat sebagai obat penyembuh radang, penyembuh keracunan empedu, dan mampu menurunkan kadar kolesterol.

Tanaman ini bisa tumbuh subur di daerah dataran rendah, dan masa tanamnya sekitar 8-12 bulan. Ketika akan matang biasanya tanaman temulawak memiliki daun yang layu seperti hampir mati.



Lengkuas (Alpinia galanga)


Lengkuas ternyata bukan hanya bisa digunakan sebagai bumbu masakan saja. Lengkuas termasuk ke dalam tanaman obat dengan berbagai manfaat diantaranya: obat reumatik, obat radang, dan obat diare. Bagi anda yang memiliki masalah dengan panu, lengkuas mampu membantu anda untuk mengatasinya. Cukup dengan mengiris miring lengkuas dan oleskan di bagian yang ditumbuhi oleh panu.

Lidah Buaya (Aloe vera)


Beberapa dari anda mungkin menganggap tanaman lidah buaya memiliki aroma getah yang kurang sedap, namun dibalik itu ternyata lidah buaya menyimpan banyak sekali khasiat.

Tanaman lidah buaya memiliki tekstur seperti gel di balik tubuhnya yang keras. Gel tersebut bisa di olah menjadi berbagai macam olahan.

Tanaman lidah buaya memiliki khasiat sebagai obat diabetes, obat radang tenggorokan, dan obat wasir.


Daun Dewa (Gynura divaricata)

Sangat sesuai dengan namanya, tanaman yang satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat dari daun dewa diantaranya adalah sebagai obat untuk menyembuhkan memar, pencegahan penyakit stroke, dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.



Sambiloto (Andrographis paniculata)


Sambiloto memiliki kandungan flavanoid, keton, dan aldehid. Tanaman ini paling sering digunakan untuk meredakan gejala penyakit asam urat. Selain itu ada berbagai manfaat lain dari tanaman ini, diantaranya: menurnukan demam, sebagai diurethra (pelancar air kencing), obat sakit perut, dan menyembukan kencing manis.

Belum ada Komentar untuk "7 Macam Tanaman Obat Tradisional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel